Asma dan tangan gemetaran

Jumat, 30 Juli 2010

Ditulis oleh hpazero di/pada 8 September, 2008

Assalamu alaikum Wr. Wb.
Langsung saja, saya tertarik sekali dengan pengobatan herba. Sebelumnya mungkin sudah ada yang menanyakan tentang herba untuk asma, saya sudah memanfaatkan menu cari tetapi tidak menemukan arsipnya jadi mohon maaf jika pertanyaan ini terulang.
Menurut orang tua saya, saya menderita asma kurang lebih sejak umur 6 tahun dan peyebabnya juga tidak tahu. Dari semua keluarga kami tidak ada yang menderita asma. Dan semenjak itu saya terus-menerus konsumsi obat dari dokter sampai sekarang usia saya 29 tahun. Bahkan sekarang kalau tidak konsumsi obat asma saya kambuh, jadi sehari 2 kali, malam dan pagi hari minum obat. Mungkin juga karena pengaruh obat, tangan saya gemetaran. Berbagai obat sudah saya coba, termasuk rutinitas olahraga seperti renang.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Apa obat herba untuk penyakit asma saya tersebut?
2. Apakah yang tangan gemetar tersebut ada obat herbanya?
3. Sampai kapan herba tersebut dikonsumsi dan apakah ada efek sampingnya?
4. Tempat saya di Surabaya, bagaimana cara mendapatkan herba?
5. Bagaimana pencegahan penyakit saya tersebut?
Demikian, mohon pencerahan! dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wassalam,
Ari

Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.
Saudara Ari Yth.,
1. Asma adalah suatu penyakit saluran nafas yang ditandai dengan adanya penyempitan jalan nafas. Gejalanya bisa timbul dan hilang dengan sendirinya. Karena terjadi penyempitan jalan nafas, maka gejalanya adalah sesak nafas pada saat muncul serangan.
Penyebab asma sebetulnya adalah terjadinya suatu reaksi alergi yang disebabkan oleh alergen. Sesuatu yang asing masuk ke tubuh melalui saluran nafas, yang kemudian menimbulkan reaksi alergi. Manifestasinya adalah jalan nafas mengerut, sehingga diameter menjadi sempit. Ditambah lagi dengan pembengkakan selaput lendir di saluran nafas, serta produksi lendir yang banyak.
Akibatnya, terjadi penyempitan saluran nafas dan terjadilah sesak nafas, terutama pada saat mengeluarkan nafas (respirasi). nafas itu ada dua, mengeluarkan nafas dan inspirasi. Sesak nafas pada asma terjadi saat mengeluarkan nafas, bukan saat menarik nafas. Karena terjadi penyempitan saluran nafas, maka pada saat mengeluarkan nafas, seringkali mengeluarkan bunyi ngik-ngik (wheezing) atau disebut pula mengi. Ini pula sebab kenapa asma sering disebut sebagai sakit mengi.
Anda bisa mengonsumsi Omega-3 Kapsul, Morinda dan Mengkudu. Ketiga herba tersebut masing-masing diminum 1 kapsul pagi hari dan 2 kapsul sore hari, diminum 30 menit sebelum makan.
2. Tangan gemetar atau tremor. Menurut definisi, tremor berarti suatu gerakan gemetar yang berirama dan tidak terkendali, yang terjadi karena otot berkontraksi dan berelaksasi secara berulang-ulang.
Tapi, dilihat dari sebab, tremor atau tangan bergetar bisa jadi disebabkan adanya gangguan pada otak, sehingga otak tidak bisa mengontrol salah satu anggota tubuh sebagaimana adanya. Normalnya, setiap anggota tubuh, bergerak atau tidak merupakan hasil langsung dari otak. Jika otak gagal mengendalikan salah satu tubuh, berarti ada gangguan pada sistem kendali di otak yang menyerang saraf, atau gangguan neurologi yang progresif.
5. Lakukanlah latihan pernafasan seusai salat subuh juga sangat membantu meringankan sesak nafas. Saat subuh adalah saat yang paling baik untuk melakukan latihan pernafasan karena udara masih bersih dan mengandung oksigen. Caranya, dengan menarik nafas dalam-dalam, lalu tahan di dada antara 20-30 detik, kemudian tahan udara itu di perut sekitar 10 detik, perlahan-lahan keluarkan melalui hidung. Bila sudah terbiasa, tahan udara tersebut di dada dan perut lebih lama lagi. Latihan ini sangat berguna untuk memaksimalkan asupan oksigen ke dalam paru-paru.
Jika memungkinkan, biasakan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Karena sinar matahari pagi hari dapat merubah pro Vitamin D menjadi Vitamin D. Vitamin D ini diakui sangat bermanfaat bagi paru-paru. Secara empiris sudah diketahui adanya korelasi antara sinar matahari pagi dan paru-paru, karena dapat melancarkan fungsi saluran udara ke paru-paru. Sehingga bagi penderita asma, bisa lebih leluasa menghirup dan mengeluarkan udara lebih baik. Selama ini Vitamin D hanya dikenal hanya untuk pertumbuhan tulang saja.
Di samping itu, berikanlah sayur-sayuran dan buah-buahan. Khusus sayuran, sebaiknya yang berwarna hijau gelap. Karena sayuran jenis ini banyak sekali mengandung vitamin D guna mempercepat proses penyembuhan.

0 komentar:

Posting Komentar