Sering Migrain dan Kegemukan

Sabtu, 31 Juli 2010

Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabar Bapak Toto Buntoro? Sebelumnya saya ada keluhan sedikit sekali, lantaran dulu pernah mengidap gejala-gejala tumor jinak di dalam daun telinga sebelah kiri dan kanan. Alhamdulillah, pengobatannya secara pakai laser, sampai sekarang sudah tidak pusing lagi. Gejala awalnya juga pusing, dan sering migrain juga tetapi saya sudah menyampaikan kepada orang tua saya, dan keluhan saya tidak digubris sama sekali. Itu pun dulu!
Dalam keluhan kali ini, kenapa yah saya sering migrain lagi? Sampai-sampai saya masih di dalam ruangan kampus untuk mengikuti mata kuliah tiba-tiba migrain. Setiap waktu selalu saja kambuh di saat-saat menyimak kuliah, di rumah, di tempat kerja, dan di tempat lain.
Terus di belakang kepala saya ada bintik-bintik yang mirip banget dengan kejadian tumor jinak di telinga (bintik-bintik warna hitam seperti andeng-andeng). Apakah akibat migrain juga bisa terserang penyakit tumor otak?
Saya pasrah saja bila iya terjadi, biarlah terjadi. Sebelumnya saya sering telat makan bila kerjanya full time pukul 09.45 - 22.00 WIB tanpa istirahat dan makan.
Maaf, berat badan saya 95 kg, dan tinggi badan saya 175 cm. Apakah karena berat badan saya keseringan kena penyakit migrain? Apakah bedanya migrain ringan dengan migrain berat? Bagaimana cara mengatasi tidak lagi sakit migrain tiap hari?
Sebelumnya saya pernah jatuh dari ketinggian 10 meter (waktu saya ikut peluncuran pembina pramuka di Gresik) dan sempat koma, shock, tidak sadarkan diri karena jatuh itu (waktu koma selama 3 hari 2 malam berlangsung). Semenjak saya jatuh, saya takut banget dengan ketinggian di kampus padahal cuma lantai 2 saja. Kalau sudah melihat ke bawah, sering migrain berat, bisa-bisa bertahan selama 4 zaman.
Apakah saya harus bilang keluhan kepada orang tua saya di rumah? Apa yang harus saya lakukan selama bertahan dengan migrain saya?
Saya harus pergi ke dokter mana?
Sebelum dan sesudahnya saya banyak-banyak terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb.
Titis Ceria
Jawaban
Waalaikumsalam Wr. Wb.
Saudari Titis Yth.,
Migrain adalah bentuk sakit kepala yang dimulai pada satu sisi dan menetap, berdenyut disertai mual dan terasa lebih berat pada posisi membungkuk. Frekuensi serangan bisa setiap minggu, bisa setiap bulan. Bentuk spesifik didahului penglihatan berkunang-kunang, di tengah bidang pandang muncul bintik-bintik terang benderang.
Beberapa saat kemudian bintik menjadi sebesar telur menyebar ke samping kiri dan tampak kabur atau gelap d tengahnya, di kelilingi cahaya terang. Setelah 5 menit, secara perlahan bayangan memudar. Pada saat itu rasa nyeri pada sebelah kepala mulai datang, berdenyut-denyut disertai rasa mual.
Hampir semua pusing migrain berhubungan dengan pembuluh darah kepala dan leher. Pencetusnya bisa karena perubahan hormon saat masa haid atau saat pemakaian pil KB. Bisa juga karena perubahan temperatur yang mendadak, psikis, makanan, atau obat yang merangsang.
Hal lain yang bisa menyebabkan migrain adalah kurangnya air di dalam darah yang menyebabkan darah menjadi lebih kental sehingga sulit membawa oksigen menuju ke kepala. Di samping itu, faktor kegemukan yang anda alami juga bisa menyebabkan terhambatnya asupan oksigen karena banyaknya plak-plak lemak yang menempel di sepanjang pembuluh darah atau mungkin dari pola makan dan makanan yang anda konsumsi mengandung banyak nitrat dan monosodium glutamat (MSG).
Makanan yang bersifat merangsang, entah itu mengandung MSG, tyramin, dopamin, kafein, atau zat nitrat yang banyak terdapat pada daging sapi olahan, sosis, atau mie instant, pada orang yang peka memang bisa langsung mengganggu fungsi pembuluh darah kepala atau leher. Pasalnya, beberapa puluh menit setelah makanan masuk ke dalam perut, terjadilah penyempitan pembuluh darah. Rasa pusing bisa timbul akibat mengembangnya kembali pembuluh tersebut. Pusing karena makanan pada umumnya hanya terasa pada satu sisi, entah berdenyut atau berat sebelah.
Ketika migrain menyerang, cobalah lakukan cubitan. Bila yang dialami adalah migrain (nyeri kepala sebelah), cubit kulit telapak tangan yang terbentang antara ibu jari dan telunjuk dari tangan sisi yang sama dengan sumber nyeri. Maksudnya, bila migrain berasal dari sebelah kiri kepala, maka lakukanlah cubitan di telapak kiri. Tahan cubitan hingga beberapa menit. Bila sakitnya disertai ketegangan (tension headache), pijat tonjolan yang terletak antara leher dan belakang (pas di belakang daun telinga) selama 10-15 menit.
Jika tidur, tidurlah dengan posisi yang benar, karena posisi tidur akan menentukan apakah anda akan bangun dengan sakit kepala atau tidak. Tidur tengkurap dapat menyebabkan nyeri kepala karena otot-otot di leher menjadi tegang dan berkontraksi. Cobalah tidur terlentang. Bila anda seorang yang tidak bisa diam ketika tidur, gunakan bantal tipis untuk menahan leher agar bisa tidur nyaman di tempat.
Bila anda sedang shalat, saat sujud, tekanlah dahi ke sajadah atau tikar, bebankan dahi dengan berat badan anda. Hal ini dapat memperlancarkan aliran darah dari jantung ke kepala. Karena, ketika sujud, posisi jantung ada di atas kepala. Semakin lama anda sujud semakin baik untuk melancarkan asupan oksigen secara maksimal ke otak, selama sujud anda terus berdoa meminta kesembuhan kepada Allah.
Pada dasarnya migrain ringan dan berat adalah sama saja, bedanya hanya di kualitas dan frekuensi migrain itu muncul. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering minum obat anti migrain atau sakit kepala. Karena rutin menelan obat penghilang nyeri bisa membuat nyeri kepala bertambah parah, yang dinamakan kondisi bumerang (rebound).
Baik obat resep maupun yang dijual bebas, bila dikomsumsi terlalu sering bisa menurunkan bisa menurunkan toleransi anda terhadap rasa sakit. Sebagai patokan umum, dalam kondisi normal, sebaiknya anda tidak menelan pil lebih dua kali dalam sebulan. Berbeda dengan herba yang tidak mempunyai efek samping sama sekali, bahkan bersifat menyembuhkan secara menyeluruh.
Untuk mengatasi migrain yang saat menganggu aktifitas itu, disarankan selalu melakukan olahraga kecil, seperti jogging dan senam. Hindari minum kopi yang berlebihan. Karena zat caffein yang ada di dalam kopi sangat cukup berpengaruh membentuk terjadinya migren. Meski, untuk sebagian orang, sakit kepala bisa disembuhkan dengan kopi.
Anda dapat mengonsumsi Herba Tuju Angin, Omega-3 Softgel, Mengkudu dan Teh Asiatica. Cara minumnya, 2 kapsul pagi dan sore untuk Herba Tuju Angin, Omega 3 dan Mengkudu, 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Bisa diminum bersama Teh Asiatica yang telah diseduh dicangkir dan ditutup, lalu diminum ketika hangat.
Akhirnya, cobalah terapkan pola makan dan hidup yang sehat. Tubuh kita merupakan titipan dari Allah yang harus dijaga, menyepelekan tubuh kita dengan sering makan telat misalnya, sama artinya kita menyepelekan Allah juga karena kita telah dengan sengaja menganiaya diri sendiri yang semestinya harus dijaga baik-baik. Orang tua sebaiknya diberitahu, jika mereka tetap cuek dengan kondisi anda, anda tidak perlu kecil hati, tetaplah terus berobat, karena berobat itu hukumnya wajib dalam Islam.


Sumber : klikhpa.com

0 komentar:

Posting Komentar